Mantan Gubernur Jatim M Noer Meninggal Dunia

Masyarakat Jawa Timur berduka. Mantan Gubernur Jawa Timur pada tahun tahun 1967-1976 M Noer meninggal dunia di Rumah Sakit Darmo Surabaya dalam usia 93 tahun.

M Noer sebelumnya memang sudah dirawat di rumah sakit tersebut sejak tujuh bulan lalu atau tepat saat perayaan Idul Fitri tahun lalu.

“Bapak menderita penyakit jantung, selain itu usianya memang sudah sepuh,” kata Syaifuddin Noer, anak sekaligus dokter yang memeriksa almarhum.

M Noer merupakan kebanggaan masyarakat Madura. Karena M Noer adalah putra Madura yang pertama kali berhasl menjadi gubernur di Jawa Timur. Di kalangan warga Madura ada joke, jika ditanya siapa gubernur Jawa Timur, mereka akan menjawab M. Noer. Padahal M. Noer sudah lama pensiun.

Mereka berkelit, M Noer tetap menjadi gubernur mereka sedangkan saat ini yang sedang menjabat hanyalah penggantinya M Noer saja.

M Noer juga kepala daerah pertama kali yang pernah mengusulkan untuk membuat jembatan Surabaya dengan Madura pada masa presiden Soeharto. Dasar pemikiran dia, meski Madura dekat dengan Jawa, namun pembangunan di Madura terhambat karena dibatasi laut.

Maka tak heran, sebelum meninggal M Noer pernah berpesan agar dimakamkan di tanah Kelahirannya di Sampang, Madura dengan melewati Jembatan Suramadu. Selain itu, M Noer juga berpesan untuk disalatkan di masjid Al Falah Surabaya. Selamat jalan Pak Noer.

Sumber: Surya, Jumat, 16 April 2010

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home