Jalur Kalianget-Kangean Padat Penumpang

Arus mudik jurusan Kalianget-Kangean membludak. Terbukti, sejumlah kapal yang beroperasi H-5, Selasa (15/9), dipadati penumpang. Hal itu terlihat dengan banyaknya penumpang yang antre untuk membeli tiket kapal perintis.

Untuk melayani kepadatan penumpang, pada hari yang sama dioperasikan dua kapal, yakni KMP Dharma Bakhti Sumekar (DBS) II dan kapal Perintis KMP Amukti Palapa yang biasanya tidak melayani jalur Kalianget-Kangean.

Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Kalianget, Abd. Rahem, mengatakan, armada KMP Amukti Palapa dioperasikan karena banyaknya penumpang. Bahkan, pihaknya juga melakukan penambahan 25 persen dari kapasitas KMP Amukti Palapa. ”Itu sesuai dengan instruksi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan,” katanya.

Seharusnya, kapasitas KMP Amukti Palapa sebanyak 300 penumpang. Dengan adanya penambahan 25 persen, maka dipastikan jumlah penumpang yang diangkut ke Pulau Kangean sebanyak 375 orang. ”Kalaupun dengan penambahan penumpang ini ternyata masih ada yang tidak terlayani, diharapkan untuk tidak kecewa. Karena, selain KMP Amukti Palapa yang beroperasi, KMP DBS II juga beroperasi ke Pulau Kangean pada Selasa (15/9) sore,” ujarnya.

Untuk itu, Rahem juga berharap kepada para penumpang supaya tidak memaksakan diri jika kapal sudah dinyatakan penuh. Karena, keselamatan pelayaran itu bukan hanya merupakan suatu kewajiban, melainkan tanggung jawab bersama.

Tak hanya kapal besar yang padat penumpang, perahu mesin juga dipadati penumpang. Tampak antrean dan padatnya barang yang akan diangkut di Pelabuhan Kalianget II. ABK Perahu Mesin, Subari mengaku ada lonjakan penumpang mendekati lebaran. ”Dari hari biasa ada kenaikan sekitar 30 persen. Terutama angkutan barang berupa sembako,” ujarnya.

Dia yakin, semakin dekat hari H, lonjakan penumpang akan semakin tinggi. Dia memperkirakan, peningkatan penumpang akan mencapai puncaknya pada H-2 lebaran nanti.iir

Sumber: Surabaya Pos, Rabu, 16 September 2009

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home