Mahasiswa Baru Unijoyo Kesurupan

Diduga Kelelahan Tiga Hari Diplonco

Sebanyak 12 mahasiswa baru (maba) Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan kesurupan dan 23 maba lain pingsan saat mengikuti rangkaian Orpamaba di Gedung Auditorium Unijoyo, Bangkalan, Kamis (21/8). Kesurupan yang menimpa maba laki dan perempuan itu terjadi di hari ketiga sejak mereka masuk kampus dan mendapat gemblengan dari senior. Salah seorang dari maba kondisinya cukup parah sehigga dilarikan ke Puskesmas Kamal.

Dari informasi yang dihimpun Surya, di awal materi acara berlangsung biasa-biasa. Namun satu jam kemudian, beberapa maba perempuan mengaku pusing-pusing. Sejurus kemudian maba yang lain berteriak histeris memanggil nama-nama yang tidak dikenal.

Kejadian itu maba dan senior yang berdiri di bagian depan panik. Apalagi ketika ada maba yang mencoba menolong rekannya malah ikut menjerit-jerit dan ambruk. Sehingga sebagian besar maba berhamburan keluar gedung.

Mahasiswa senior mencoba membawa maba kesurupan ke ruang lain untuk disadarkan. Namun usaha itu gagal. Kondisi mulai membaik setelah pihak Unijoyo mengundang orang 'pintar' untuk mengobati mereka. Dua jam kemudian, satu-persatu mereka berangsur pulih meski ada yang belum bisa diajak bicara.

Dian, salah seorang maba kesurupan yang sudah siuman, tidak mengerti kenapa kejadian itu menimpa dirinya. Hanya saja, kata Dian, sejak hari pertama hingga hari ketiga kegiatan maba itu padat, selain menguras fisik, juga tegang lantaran perlakuan seniornya yagn di luar batas.

"Sejak hari pertama tenaga saya diforsir dan pikiran kalut. Berangkat pukul 05.00 WIB dan pulang pukul 18.00. Bahkan selama ini tidak sempat sarapan khawatir terlambat dan mendapat hukuman dari seniornya," papar Dian.

Seperti diberitakan Surya sebelumnya, maba Unijoyo 2008 sempat unjuk rasa memprotes kegiatan Orpamaba 2008 yang dinilai sarat perploncoan yang tidak mendidik. Bahkan menjurus ke arah penyiksaan fisik maba.

Atas kejadian itu panitia Orientasi Maba, Seksi Kesehatan, Mamang mengatakan, kejadian itu diduga maba kelelahan dan makannya tidak teratur. Sehingga mereka mengalami depresi ringan dan kemudian pingsan dan kesurupan. "Nah, sekarang mereka pingsan dan kesurupan sudah sadar. Hanya seorang yang masih dirawat di puskesmas,” ujar Mamang. (st30)

Sumber: Surya, Friday, 22 August 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home