Kabel PLN Membahayakan

Warga di sekitar Dusun Kampong Barat, Desa Gro'om, Kecamatan Proppo dibuat resah dengan kabel milik PLN keberadannya memrihatinkan. Maklum, sudah lebih dari sebulan terakhir kabel milik PLN tersebut melorot kebawah. Sehingga, keberadaannya cukup mengkhawatirkan.

Berdasarkan pantauan koran ini, kabel yang jaraknya tinggal satu meter lagi dari permukaan tanah itu kondisinya sangat rawan. Keberadaannya sangat dikhawatirkan, terutama bila tersangkut kendaraan atau karena udara panas musim kemarau putus yang bisa memelorotkan. Sehingga, akan sangat membahayakan jiwa manusia yang ada di dekatnya.

Dari beberapa penuturan warga, sudah beberapa kali mereka mengingatkan pihak PLN. Sebab, jika musim hujan datang, tiang yang menahan kabel akan tergeser dan tingkat kemiringan semakin menjadi.

Namun, anehnya belum ada tindak lanjut dari PLN. Padahal, kabel yang juga digunakan mengaliri listrik pada PJU (penerangan jalan umum) itu sudah mengenai beberapa tanaman tembakau milik warga. Tentu saja, hal tersebut sangat membahayakan.

Jakfar, 35, warga yang kesehariannya melintas di sekitar kabel melorot tersebut mengatakan, dirinya sangat mengkhawatirkan kondisi kabel tersebut. Sebab, jaraknya yang sudah dekat dengan permukaan tanah rawan terhadap keselamatan jiwa manusia.

Apalagi, lanjutnya, saat ini para petani tembakau sedang sibuk untuk memanen tembakaunya yang kebetulan tidak jauh dari lokasi. "Saya khawatir kabel induk tersebut ada yang terbuka. Apalagi, kalau kabel mengenai tanaman tembakau milik petani. Bayangkan saja, saat petani memanen tembakaunya dan mengenai kabel tersebut, kan berbahaya," katanya.

Jakfar menambahkan, jika keadaan tidak segera diantisipasi dikhawatirkan benar-benar mengakibakan korban jiwa warga sekitar. "Saya menimbau agar pihak PLN segera mengambil alih masalah ini. Mestinya, hal ini diperhatikan sebagai pelayanan konsumen dan perlindungan bagi masyarakat," pungkasnya.

Sementara, penanggungjawab PLN UPJ Pamekasan Rifai berjanji akan segera menindaklanjuti kekhawatiran warga. Menurut dia, pihaknya sangat respon dengan laporan warga tersebut. Karena itu, dalam waktu cepat PLN dipastikan segera bertindak.

"Saya belum tahu. Makanya, akan ditanyakan dulu pada warga. Yang pasti, sekarang juga akan ditindaklanjuti," katanya kemarin sore. (c9/zid)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 04 Agustus 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home