Ditemukan Sumur Aspal dan Minyak

Dua hari belakangan ini warga Dusun Karang, Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, digegerkan temuan aspal dan minyak tanah mentah di dua sumur milik Asmat, 50 alias Sutarman. Awalnya Asmat menggali sumur untuk mengairi lahan tembakau miliknya. Ketika penggalian mencapai kedalaman 12 meter tiba-tiba muncul rembesan cairan hitam yang semula dikira air. Namun baunya menyengat seperti bau minyak tanah, Asmat menghentikan penggalian dan ternyata cairan itu menyala api saat disulut.

Selanjutnya Asmat menggali sumur kedua berjarak sekitar 300 meter dari sumur pertama. Ternyata dari dalam sumur itu ditemukan lempengan batu yang muncul aspal hitam bercampur air.

"Aspal meleleh di dinding-dinding sumur dan akhirnya memenuhi dasar sumur yang kedalamannya baru dua meter," ujar Asmat ketika ditemui Surya di kediamannya,Kamis (17/7).

Sementara itu Kepala kantor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Moh Fadhilah yang mendengar laporan itu, bersama stafnya langsung meninjau sumur aspal itu. Dia langsung mengambil contoh cairan itu yang sebagian lempengan tanah bekas galian sumur milik Asmat untuk diteliti lebih lanjut. (st2)

Sumber: Surya, Friday, 18 July 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home