Sumur Warga Sumenep Keluarkan Minyak

Sumur yang baru digali Asmat alias Pak Sutamar (60), warga Dusun Karang, Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengeluarkan minyak.

Warga yang mengetahui sumur berminyak tersebut, berbondong-bondong melihatnya, dan untuk menghindari hal-hal tak diinginkan sumur tersebut diberi "police line" oleh Polres Sumenep.

Kapolsek Rubaru, AKP Mahmud, Rabu, menjelaskan, Senin (7/7) lalu, Asmat mengali tanahnya untuk membuat sumur dan ternyata pada kedalaman sekitar 10 meter tercium aroma minyak mentah. Saat itu, Asmat masih meneruskan galiannya sampai kedalaman sekitar 12 meter.

"Kalau baunya seperti minyak tanah dan bensin. Awalnya, Asmat menceritakan sumur yang berbau minyak itu pada keluarga dekatnya dan akhirnya menyebar se Rubaru. Sejak Selasa (8/7), banyak warga yang melihat dari dekat keberadaan sumur tersebut", katanya di Sumenep.

Pada Jum'at (11/7), kata Mahmud, pihaknya menerima pemberitahuan secara resmi dari Kepala Desa Mandala, Modallir, tentang sumur yang berminyak itu. Senin (14/7), dirinya bersama Camat Rubaru, Supriyadi, sepakat untuk melihat sumur itu.

"Secara bersamaan, anggota Polres Sumenep juga datang ke lokasi. Untuk akhirnya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, sumur itu diberi 'police line'. Sumur itu beraroma kuat minyak tanah dan bensin. Kita juga minta pada pemilik lahan sekaligus yang menggali sumur, Asmat, untuk menghentikan sementara penggalian sumur tersebut", katanya.

Mahmud berharap, Pemkab Sumenep segera mengecek sumur tersebut, sekaligus untuk memastikan lokasi di sekitar sumur itu berbahaya atau tidak bagi kesehatan manusia, dikarenakan sampai saat ini masih banyak warga yang ingin melihat sumur tersebut. /ant

Sumber: Surya, Wednesday, 16 July 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home