Dukung Provinsi Madura

Sumenep, Jawa Pos - Wacana pembentukan Provinsi Madura yang sempat kembang kempis, rupanya, mendapat dukungan dari DPRD Jawa Timur. Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Drs Sirmadji Tj. menyambut positif keinginan dari sebagian tokoh masyarakat Madura tersebut.


Bahkan, dirinya akan mendukung langkah pembentukan provinsi baru di Indonesia ini. Hanya, dia menyarankan, wacana pembentukan provinsi tersebut mempertimbangkan berbagai aspek maupun dampak positif bagi masyarakat.


"Bagi kami, kalau itu memang kehendak rakyat Madura dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek, tentang manfaat dan tidaknya sebuah provinsi baru, saya kira tidak masalah. Kita akan ikut mengawal, apabila memang rakyat Madura menghendakinya," tegasnya ketika menghadiri acara Maulid Nabi di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sabtu kemarin.


Sebab, sambungnya, hingga kini dia belum mendengar informasi apakah wacana yang dilontarkan sejumlah tokoh Madura itu merupakan hasil kajian mendalam dan konprehensif serta mempertimbangkan kepentingan masyarakat. "Itu yang masih belum saya tahu. Jadi, perlu ada penjajakan dulu. Masyarakat harus betul-betul mengerti bahwa pembentukan provinsi ini mengandung plus minus," tandasnya.


Jika dilihat dengan kondisi masyarakat Madura saat ini, ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menilai, pembentukan priovinsi baru masih lebih banyak negatifnya daripada positifnya. "Jadi, perlu dikaji lebih dalam," ujarnya.


Yang perlu dan mendesak dilakukan masyarakat Madura saat ini, menurut dia, memperbaiki SDM (sumber daya manusia) untuk mengelola kekayaan Pulau Madura. " DPRD Jawa Timur akan mendukung, jika memang membawa mamfaat kepada masyarakat Madura," tegasnya.


Sedangkan kemungkinan untuk pembentukan badan otorita untuk mempercepat pembangunan di Madura, menurut dia, juga perlu dipertimbangkan. "Kalau otorita itu harus spesifik. Mungkin setelah ada jembatan Suramadu, bisa melahirkan zona ekonomi tertentu," katanya.(zr)


Sumber: Jawa Pos, Senin, 23 Apr 2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home