Anarkisme di Sampang

Pembakaran Rumah Jemaah Syiah Terus Terjadi

Ilustrasi (sumber: Antara Foto)


Aksi pembakaran rumah pengikut Islam Syiah oleh kelompok Islam Sunni di Sampang, Madura, Jawa Timur, meluas.

Kali ini rumah yang dibakar massa milik Iklil Almilal, penasihat Islam Syiah di Kabupaten Sampang, teman dekat pimpinan Ustadz Syiah Tajul Muluk.

"Rumah saya juga ikut hangus saat ini. Tapi kami tidak melakukan perlawanan," kata Iklil, Kamis (29/12) siang.

Menurut Iklil, rumah pimpinan Islam Syiah sendiri kini sudah rata dengan tanah dan tidak bisa ditempati sama sekali.

"Setelah membakar rumah Ustadz Tajul massa lalu bergerak menuju rumah saya dan membakar rumah saya," terang dia.

Dilaporkan, petugas gabungan dari Polres Sampang dibantu TNI tidak bisa berbuat banyak mencegah aksi pembakaran rumah milik pengikut aliran Islam Syiah. Sebab, jumlah massa terlalu banyak.

Rumah penasihat Syiah Iklil Almilal ini berjarak sekitar satu kilometer dari rumah kediaman pimpinan Islam Syiah Tajul Muluk.

"Pelaku pembakaran rumah pengikut Syiah ini tetap kelompok yang dulu yang menyerang pada tahun 2006 lalu," kata Iklil Almilal.

Sementara itu, situasi di Desa Karang Gayam dan Desa Bluuran, Kecamatan Karangpenang, kini kian mencekam. Warga tidak berani keluar rumah.

Iklil Almilal sendiri bersama ratusan pengikut Syiah lainnya, kini diungsikan oleh aparat polisi di salah satu rumah warga di Desa Karang Gayam. Mereka dalam penjagaan ketat anggota polisi.

Di antara para kelompok aliran Islam Syiah ini, terlihat beberapa anak-anak, orang jompo dan ibu hamil, bahkan binatang ternak piaraan mereka seperti sapi dan kambing juga diungsikan. (Kristantyo Wisnubroto/Antara)

Sumber: Berita Satu, Kamis, 29 Desember 2011

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home