Geliat Paasca Peresmian Jembatan Suramadu

Bangkalan Bangun Terminal Induk di Kaki Suramadu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim), akan membangun terminal induk di kawasan kaki Jembatan Suramadu.

Menurut Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron, lahan yang disiapkan untuk pembangunan terminal induk di jalan akses menuju jembatan Suramadu tersebut seluas 8 hektare.

“Lahan seluas itu berada di Dusun Tangkel, Kecamatan Burneh atau persisnya di pintu masuk jalan akses sisi Madura Jembatan Suramadu,” kata Fuad Amin, Jumat (12/6).

Pemilihan lokasi terminal di kawasan jalan akses Suramadu ini, kata Fuad, karena lokasinya cukup strategis, sehingga nantinya bisa dijangkau semua jurusan, baik yang akan melalui akses jembatan Suramadu atau yang melalui penyeberangan dermaga Kamal.

Menurut Fuad Amin, terminal induk nantinya berfungsi sebagai pemberhentian bus maupun Mobil Penumpang Umum (MPU). Tidak hanya itu, terminal juga bisa digunakan semua pengendara yang dari luar maupun dalam kota Bangkalan, seperti Sampang, Pamekasan, dan Kota Sumenep.

“Bahkan, bus dari terminal Bungurasih, Sidoarjo, ada yang langsung berhenti di terminal induk yang bakal dibangun nanti,” katanya.

Terminal itu, lanjut Fuad Amin, nantinya diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp45 miliar yang akan diambilkan dari dana patungan antara Pemkab Bangkalan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Ini nantinya akan bisa menunjang perekonomian tingkat daerah. Serta bisa menyerap tenaga kerja bagi warga yang ada di sekitarnya terminal itu,” kata Fuad Amin.

Sementar itu, Ketua DPRD Bangkalan, Syarbini Makki mengatakan, rencana tersebut sudah disetujui Pemprov Jatim. Namun, pihaknya masih menunggu jawaban resmi.

“Kami harapkan pembangunan terminal induk bisa dimulai tahun 2009 ini. Karena lebih cepat membangun, pasti selesainya juga lebih cepat dan langsung bisa dimanfaatkan,” kata Syarbini. (ant)

Sumber: Surya, Jumat, 12 Juni 2009

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home