Geliat Pascaperesmian Suramadu

Sumenep Bentuk Lembaga Pengembangan Pulau Kecil

Pemkab Sumenep telah mempersiapkan diri menghadapi beroperasinya Jembatan Suramadu. Selain mengembangkan pariwisata, juga membentuk lembaga penanaman modal dan percepatan pembangunan pulau-pulau kecil.

Bupati Sumenep KH Moh Ramdlan Siraj SE MM menilai pengembangan daerahnya sebagai tujuan wisata di Madura sudah dirancang lama. Selain itu, Pemkab Sumenep bakal membentuk lembaga pengembangan dan percepatan pulau-pulau kecil.

Untuk realisasinya, Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) telah membentuk bidang khusus yakni bidang percepatan pembangunan pulau-pulau kecil dan bidang penanaman modal atau investasi. Kedua lembaga itu telah dibentuk sejak dua tahun yang lalu.

Hanya saja, keinginan memajukan Sumenep tidak akan pernah sama dengan Kabupaten Karimun. Mengingat letak geografisnya yang berbeda. Kabupaten Karimun menjadi daerah transit baik perdagangan atau wisatawan mancanegara serta jalur persinggahan perekononian internasional.

Saat ini Pemkab Sumenep telah mempersiapkan menyesuikan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah disusun oleh Pemerintah Provinsi Jatim. ” Program kita, selain pengembangan pariwisata juga industri ramah lingkungan dan pengembangan pulau-pulau kecil,” ujar Ramdlan.

Untuk menggaet calon investor menanamkan modalnya di Kabupaten Sumenep, maka bidang penanaman modal yang dibentuk tahun 2007 lalu sedang mendata dan menyusun semua potensi, baik sumber daya alam (SDA) maupun pariwisata yang dimiliki Sumenep. ”Potensi itu akan ditawarkan kepada calon investor melalui Badan Penanaman Modal (BPM) Pemprov Jatim,” ujar Sungkono Sidik, Kepala Bappeda Sumenep.

Data-data yang akan ditawarkan kepada investor berbentuk master plan yang dilengkapi data-data potensi yang ada di Sumenep. Data tersebut juga dilengkapi dengan angka riil setiap potensi yang ada. ”Kita akan membantu bahkan memfasilitasi bagi para investor yang akan menanamkan modalnya,” tambahnya.

Diharapkan dengan mulai beroperasinya Jembatan Suramadu, segala bentuk potensi yang dimiliki Sumenep bakal mampu dikembangkan. Segala sektor yang berkaitan dengan sasaran penunjangnya akan dikebut penyelesaiannya. (MOH RIFAI)

Sumber: Surya, Sabtu, 13 Juni 2009

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home