Kelola Suramadu, Saham Jasa Marga Menjanjikan

Jembatan Suramadu (ANTARA/Eric Ireng)

"Perseroan tentunya akan menjadi operator jembatan tersebut selama 1,5 tahun."

Saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR) layak diakumulasi, seiring proyeksi kinerja yang menjanjikan di tahun ini. Terutama, keberhasilannya menjadi pengelola jembatan Suramadu.

Menurut Maxi Liesyaputra, analis PT BNI Securities melalui risetnya yang diterima VIVAnews hari ini, perseroan telah dinyatakan sebagai pemenang seleksi (beauty contest) pengelolaan jembatan Suramadu yang dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Perseroan tentunya akan menjadi operator jembatan tersebut selama 1,5 tahun, sejak diresmikan Presiden RI pada 10 Juni 2009 mendatang," ujarnya.

Namun, kata dia, tarif yang akan dikenakan kepada pengguna jembatan sampai saat ini masih belum final.

Maxi mengakui, salah satu alasan terpilihnya JSMR sebagai operator jembatan tersebut karena perseroan menawarkan biaya pengoperasian yang paling rendah dibandingkan para peserta tender lain dan pengalaman panjangnya dalam mengelola bisnis jalan tol. "Hari ini direncanakan segala pekerjaan fisik jembatan Suramadu selesai," tuturnya.

Dia menilai, kabar tersebut akan memberikan sentimen positif yang signifikan terhadap potensi peningkatan kinerja perseroan. Pasalnya, jembatan Suramadu bernilai sangat strategis karena menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan laut yaitu antara Surabaya dan Madura, sehingga keberadaannya akan mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat.

Namun, dirinya belum memasukkan potensi peningkatan kinerja JSMR dengan diperolehnya lisensi sebagai operator Suramadu. Tapi, untuk 2009 diperkirakan perseroan akan membukukan pendapatan sebesar Rp 3,65 triliun dengan laba bersih Rp 801 miliar.

Sementara itu, Maxi menilai, saat ini harga saham Jasa Marga sudah sedikit melebihi nilai wajarnya, sehingga dirinya mengubah rekomendasi menjadi HOLD dari sebelumnya BUY.

Sumber: VIVAnews, Jum'at, 5 Juni 2009

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home