Pedagang Pindah, Pasar Lama Terbakar

Terbakarnya Pasar Bangkalan di Jl. A. Yani, disaat pedaganya dipindah ke pasar K. Lemah Dhuwur di Jl. Halim Perdana Kusuma, diselidiki Polres Bangkalan. Ada dugaan terbakarnya beberapa stan di pasar lama itu karena ada unsur kesengajaan dari orang yang iseng. “Untuk sementara ada dugaan unsur sengaja. Sebab listrik di pasar ini beberapa hari lalu sudah diputus PLN sehingga tidak mungkin diakibatkan hubungan pendek aliran listrik,” kata petugas Polres Bangkalan yang melakukan olah TKP atas musibah itu, Kamis (19/2) siang tadi.

Dugaan itu juga diperkuat dengan kondisi pasar lama yang sudah ditinggal sebagian besar penghuninya saat terbakar. “Jadi penghuni tidak ada. Listrik juga sudah diputus. Apalagi kalau bukan dibakar. Ya, paling tidak perbuatan orang iseng, dan itu yang kita selidiki,’’ tegasnya.

Terbakarnya pasar lama itu memang terjadi pada hari terakhir pedagang di pasar itu harus pindah ke pasar baru di Jl. Halim Perdana Kusuma. Kejadian sempat membuat suasana di sekitar pasar, ramai sekaligus menjadi tontotan masyarakat sekitarnya.

Lokasi kios yang terbakar berada di tengah – tengah pasar. Kobaran api mencapai 2 meter. Dengan menggunakan mobil unit PMK, petugas pemadam kebakaran bertindak cepat. Api yang membesar berangsur – angsur bisa dipadamkan.
“Andaikan PMK terlambat, api pasti membakar semua toko di pasar. Bahkan tidak mungkin akan merembet ke rumah warga di sebelah timur, barat dan utara pasar,’’ ujar warga yang sempat bersiap mengungsi. (kas)

Sumber: Surabaya Post, Kamis, 19 Februari 2009

0 Comments:

Post a Comment

<< Home