Pamekasan Dilanda Kekeringan

Sebanyak 15 desa di delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura , Jawa Timur saat ini mulai dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

Kelima belas desa tersebut masing-masing Desa Bukek, Branta Tinggi dan Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan, serta Desa Tlesah, Baddurih dan Desa Tanjung Kecamatan Pademawu.

Selanjutnya Desa Bujur Timur, Bujur Tengah dan Desa Bujur Barat Kecamatan Batumarmar, yang terletak di wilayah utara Kabupaten Pamekasan.

Di wilayah bagian timur Pamekasan desa yang dilanda kekeringan meliputi Desa Larangan Luar, Larangan Dalam kecamatan Larangan, serta Desa Lembung kecamatan Galis. Juga Desa Gagah dan Desa Kertagena Laok Kecamatan Kadur.

Kekeringan juga mulai melanda Desa Rek-Kerek dan Desa Palengaan Kecamatan Palengaan, serta dua desa di Kecamatan Proppo, masing-masing Desa Campor dan Desa Panaguan.

Menurut warga Dusun Kotasek Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Zaini(28), Rabu , kekeringan yang melanda desanya mengakibatkan warga terpaksa harus menghemat penggunaan air.
"Kalau mencuci pakaian kami terpaksa mencuci ke laut. Sumber air yang ada disini hanya cukup untuk minum dan memasak," katanya.

Kasi Teknis PDAM Pamekasan Nurjaman menyatakan, desa-desa tersebut memang termasuk desa yang selama ini rawan kekeringan dan kekurangan air bersih.
Meski demikian, PDAM belum melakukan pendistribusian air karena belum menerima permohonan bantuan air bersih dari aparat desa setempat.

"Aturannya kan, proposal dulu ke Pemkab lalu Pemkab yang meminta ke pihak PDAM daerah mana saja yang perlu mendapat distribusi air," kata Nurjaman. (ant)

Sumber: Surya, Wednesday, 11 June 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home