Presiden Tinjau Jembatan Suramadu

Jika tidak ada perubahan, hari ini Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan acara kenegaraan di Surabaya. Nah, di sela-sela kegiatan itu presiden RI ke-6 ini akan meninjau proyek Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Hanya, kunjungan tidak langsung di causeway maupun bentang tengah Suramadu. SBY bersama rombongan akan melihat jembatan yang membentang di atas Selat Madura ini dari atas kapal perang milik TNI AL.

"Rencananya, Bapak Presiden (SBY) tidak turun ke jembatan. Tapi hanya melihat dari laut. Beliau naik kapal perangnya TNI AL dari Armatim (Surabaya)," kata Kasatker Pembangunan Jembatan Suramadu Sisi Madura Ir Siswo Dwiyanto ketika dikonfirmasi koran ini kemarin.

Mengenai persiapan satker pelaksanaan pembangunan causeway, menurut Siswo, tidak ada. Namun, dia sudah memersiapkan jika sewaktu-waktu rombongan presiden turun untuk melihat langsung (naik) ke jembatan.

"Persiapan khusus causeway kanan kiri (Madura-Surabaya) tidak ada. Hanya masang baliho. Tapi sudah ditangani Provinsi (Jatim)," jelas mantan asisten teknik pembangunan Jembatan Suramadu sisi Madura ini.

Siswo menjelaskan, kunjung SBY ke Suramadu bukan agenda utama. Agenda utama presiden di Surabaya adalah menghadiri acara di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Usai dari ITS, rombongan menuju Grahadi. Lalu dilanjutkan ke Armatim dan naik kapal perang TNI AL melihat Suramadu dari laut.

Ada presentasi? Siswo mengaku belum tahu. Namun, jika ada paparan mengenai pelaksanaan proyek Jembatan Suramadu, dia memrediksi dilakukan di atas kapal. "Saya sendiri juga belum tahu apakah ikut rombongan (presiden, Red) atau tidak," tukasnya.

Sementara Kapolres Bangkalan AKBP Drs Aris Purnomo yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Sukolilo, Kecamatan Labang, AKP Sutaji membenarkan kunjungan presiden ke Suramadu. Namun, kata dia, SBY melihat jembatan sepanjang 5,4 km ini dari atas kapal perang.

Meski demikian, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan. "Kita (polsek, Red) menyiapkan pengamanan di sepanjang pantai dekat jembatan. Ini (pengamanan, Red) sudah kami dilaporkan ke bagops polres. Kalau pengamanan di laut ditangani TNI," terang Sutaji. (tra/mat)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 12 Mei 2008

kembali

0 Comments:

Post a Comment

<< Home