Penyu Raksasa Tersangkut Jaring

Sampang, Jawa Pos - Seekor penyu raksasa tersangkut jaring milik nelayan Pulang Mandangin, kemarin pagi. Lalu, penyu itu dijual ke Kota Sampang.

Saat ini, penyu dengan panjang 120 cm dan lebar 80 cm, serta berat 150 kilogram tersebut, menjadi tontonan gratis warga Kota Sampang. "Saking beratnya, penyu tersebut harus diangkat oleh 3 orang dengan menumpang becak," ujar Nur Hayati, warga jalan Pajudan Kota Sampang.

Menurut penuturan ibu 3 anak ini, dia membeli penyu tersebut dari salah seorang nelayan Pulau Mandangin di dermaga Tanglog seharga Rp 100 ribu. Rencananya, penyu berjenis kelamin jantan tersebut akan disembelih untuk diambil dagingnya.

"Sebab, daging penyu air ini dipercaya sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit gatal-gatal, kulit, dan asma," terang Nur Hayati yang sehari-harinya berjualan nasi bungkus di utara Mapolsekta Sampang ini.

Karena banyak dicari orang, harga daging penyu lumayan mahal. Harga per kilogramnya bisa mencapai Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu. "Karena berkhasiat bisa menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal, dan asma, daging penyu banyak dicari orang," katanya.

Saat ini, oleh Nur Hayati penyu raksasa tersebut disimpan dan digeletakkan begitu saja di halaman eks rumah dinas dokter Jalan Trunojoyo Sampang. Sehingga, binatang langka tersebut menarik perhatian dan menjadi tontonan gratis warga Kota Sampang. (fiq)

Sumber: Jawa Pos, Jumat, 09 Feb 2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home