Enam Puluh Persen Lulusan SD

SAMPANG - Sungguh memprihatinkan, dari 1.416 pengurus Komite Sekolah (KS) se Kabupaten Sampang, enam puluh persen pengurus di antaranya diketahui hanya pernah mengenyam dan lulus pendidikan setingkat SD. Praktis, minimnya bekal pendidikan yang dimiliki pengurus KS mempengaruhi optimalitas dan kinerja pengurus KS.

"Empat puluh persen sisanya, ada yang berpendidikan sekolah menengah dan perguruan. Bahkan, ada diantara pengurus KS yang pernah menjadi pengawas, kepala sekolah, dan guru," ungkap Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Sampang Drs Ali Daud Bay di sela-sela Sosialisasi Peningkatan Kinerja KS di aula Kecamatan Pangarengan, kemarin.

Menurut dia, kepengurusan KS di masing-masing satuan kerja lembaga pendidikan sebenarnya sangat strategis dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. "Sebab, informasi seputar pendidikan yang disampaikan pengurus KS bersentuhan langsung dengan sekolah," ujarnya.

Dijelaskan, pengurus KS yang notabene merupakan perwakilan masyarakat seharusnya bisa menguasai beberapa instrumen penunjang guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah. "Termasuk, harus peka terhadap kebutuhan dan kekurangan yang melekat pada sekolah," terangnya.

Ketua Dewan Kesenian (DK) Kabupaten Sampang ini juga menambahkan, kalau pengurus KS tidak memahami manageman berbasis sekolah, manageman BOS dan buku, atau penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK), diyakini akan memperlambat kemajuan dan pengembangan sekolah.

"Yang tidak kalah penting, pengurus KS ini harus memahami dan menguasai betul rencana pendapatan dan anggaran belanja sekolah (RAPBS). Sehingga, mereka bisa mengenali dan menginventarisir beragam kekurangan yang dimiliki sekolah," jelasnya.

Sementara untuk meningkatkan SDM dan pengetahuan para pengurus KS di Kabupaten Sampang, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar lokakarya penguatan dan peningkatan kinerja pengurus KS se Kabupaten Sampang. "Kegiatan ini, merupakan embrio dari kegiatan sosialisasi peningkatan kinerja pengurus KS yang digelar di 14 kecamatan se Kabupaten Sampang," tandasnya.

Sekadar diketahui, jumlah pengurus KS se Kabupaten Sampang sudah mencapai 1.416 lembaga. Sementara jumlah anggota pengurus KS yang terdata, diperkirakan sudah mencapai 12 ribu lebih. Mereka, tersebar di 14 kecamatan dan 186 desa/kelurahan se Kabupaten Sampang. (fiq)

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 13 Jan 2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home