Perajin Cincin Kesulitan Modal

Mengerjakan Akik hingga Berlian


Bangkalan, Kompas - Para perajin cincin perak di Desa Tambin, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, mengeluhkan upah minim yang diberikan para juragan mereka. Hal ini membuat mereka sulit mengumpulkan modal untuk mengembangkan usaha.

Setiap perajin hanya diberi upah Rp 15.000 per cincin. "Dengan upah segitu, saya hanya bisa membuat cincin setengah jadi saja, tidak bisa sempurna," ujar Musthofa (23), seorang perajin cincin, Sabtu (18/11).

Cincin setengah jadi yang dia maksud adalah bentuk dasar sebuah cincin yang belum dihiasi berbagai perhiasan tambahan. Dalam satu hari, Musthofa mengerjakan dua cincin perak. Artinya, satu hari dia mendapat penghasilan Rp 30.000.

Cincin setengah jadi ini kemudian dibeli oleh juragan seharga Rp 15.000. Oleh juragan, cincin tersebut diperhalus dan dipercantik lagi dengan tambahan perhiasan. Nilai jual satu buah cincin perak sempurna mencapai lebih dari Rp 100.000. Sedangkan cincin kuningan Rp 40.000.

Sebanarnya, Mustofa mampu membuat sebuah cincin dengan perhiasan tambahan seperti batu akik hingga berlian. Namun, itu memerlukan peralatan tambahan seperti bor gantung dan alat penggiling. Alat-alat jutaan rupiah ini jelas tak sanggup dibelinya karena minimnya modal dan penghasilan.

Sebagian besar warga di Desa Tambin adalah perajin cincin. Keahlian ini merupakan warisan turun-temurun dari tiga generasi sebelumnya. Mereka bekerja berdasarkan pesanan dari juragan masing- masing yang dijual kembali di Surabaya. Juragan-juragan ini memberikan bahan dasar berupa perak dan kuningan satu ons kepada para perajinnya untuk dijadikan cincin setengah jadi. Satu ons bahan dasar itu bisa habis selama 5 hari.

Satu cincin perak memakan waktu setengah hari karena perajin harus membuat beberapa ukiran sederhana. Sedangkan satu cincin kuningan hanya memakan waktu tiga jam.

Samsul (27), perajin cincin kuningan, mengaku bekerja mulai pukul 07.00-16.00 setiap hari apabila ada pesanan. Samsul mendapat upah Rp 15.000 per cincin. Karena membuat cincin kuningan, Samsul mampu menghasilkan 3 cincin-5 cincin dalam satu hari. (AB8)

Sumber: Kompas, 20/11/06

0 Comments:

Post a Comment

<< Home