Wapres Tinjau Suramadu Naik Heli

LABANG-Pemantauan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke lokasi proyek jembatan Suramadu kemarin, ternyata telah diantisipasi petugas keamanan. Meski Kalla hanya meninjau dari udara, tim gabungan dari TNI-Polri tetap mensteril area jembatan Suramadu sisi Madura di Kampung Sekar Bungu, Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Bangkalan.

Sejak pagi, lebih dari 100 pasukan gabungan Polres Bangkalan, kodim 0829, Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, dan Polda Jatim terlihat menjaga di lokasi. Namun, petugas keamanan lebih terkonsentrasi di pintu masuk menuju megaproyek jembatan yang menghubungkan Pulau Madura dan Jawa itu.

"Sebenarnya RI 2 tidak dijadwal turun ke sini. Tapi kita hanya siap-siap kalau beliau (Wapres, Red) akan melihat langsung ke lokasi," kata AKP Heru Wahyudi, PJR Polda Jatim, saat dikonfirmasi koran ini, kemarin.

Sekitar pukul 12.30, sebanyak 3 unit helikopter meraung-raung di atas Suramadu. Lalu iring-iringan heli itu menuju utara mengitari jalan akses Suramadu sisi Madura sepanjang 11,5 km. Dalam pantauan singkat dari udara itu, rombongan Wapres kembali melihat jembatan Suramadu dari sebelah Timur, lalu kembali ke Surabaya.

Usai peninjauan udara, petugas pengamanan sudah meninggalkan lokasi jembatan. "Sesuai perintah dari polda, kami menyiapkan unit pengawalan. Kami juga menyiapkan kendaraan jika RI 2 turun untuk melihat lokasi," ujar Heru.

Apakah helipad disiapkan jika Wapres turun di kaki jembatan sisi Madura? Heru menyatakan hal itu sudah siap. Namun dia menolak menjelaskan lebih jauh karena hal tersebut bukan porsinya untuk menjawab.

"Meskipun tidak ada jadwal turun, tapi lokasi pendaratan heli (helipad, Red) sudah disiapkan. Petugas TNI AL yang menyiapkan. Kalau mau tanya masalah itu, silakan ke TNI AL," kelitnya. (tra)


Sumber: Jawa Pos, 03 Des 2006

0 Comments:

Post a Comment

<< Home