Pamekasan Cocok Untuk Industri Pertanian

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim Ir H La Nyalla Mahmud Mattalitti menegaskan Pamekasan memiliki peluang emas untuk pengembangan industrialisasi yang berbasis pertanian. Sebab Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Pamekasan didominasi oleh sektor pertanian sekitar 39%, sementara sektor perdagangan 25% , jasa 20% dan industri hanya 0,36%.

Nyalla mengatakan hal itu saat memberi sambutan dalam acara pelantikan pengurus Kadin Pamekasan periode 2009-2014 di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (20/1).

“Ke depan saya kira Pamekasan perlu mencari produk pertanian yang betul cocok untuk dikembangkan, bukan hanya pada hulunya tapi juga sampai pada sektor hilirnya yaitu industri olahan, “ kata Nyalla.

Untuk itu, kata Nyalla, Pamekasan membutuhkan stimulus untuk produk pertanian yang terpilih dengan tujuan diolah menjadi produk industri yang berbasis pertanian, yang pada gilirannya akan membantu perbaikan ekonomi Pamekasan.

“Dalam memilih produk pertanian yang akan dikembangkan juga harus diperhatikan daya serap, baik daya serap produk pertaniannya maupun daya serap produksi industri olahan hasil pertanian tersebut,” jelasnya.

Dia berharap agar Kadin Pamekasan dapat menyumbangkan pemikiran untuk menyusun program pengembangan ekonomi Kabupaten Pamekasan. Karena itu Kadin disarankan melakukan kajian yang mendalam untuk menyusun program unggulan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Pamekasan. “Saya yakin bapak bupati butuh dan mendukung Kadin untuk terlibat di dalamnya, ” tandasnya.

Kadin Jatim, lanjut Nyalla, telah memiliki program promosi produk unggulan dari daerah. Dia berjanji akan segera mengirimkan kerangka acuan usulan produk unggulan daerah tersebut kepada bupati kepala daerah dam wali kota. Langkah ini perlu dilakukan agar tidak ada kesamaan produk unggulan yang diajukan daerah untuk dipromosikan oleh Kadin Jatim.

Dalam upaya mempermudah koordinasi dan tugas kerja Kadin di daerah, Nyalla meminta kepada pemerintah daerah agar mendukung dan memastikan para pelaku usaha di daerahnya untuk segera mendaftar menjadi anggota Kadin dan memiliki kartu tanda anggota (KTA).

Bupati Pamekasan Drs KH Khalilurrahman SH menyambut positif saran dan tawaran Ketua Umum Kadin Jatim. Menurut dia Pamekasan memiliki banyak potensi unggulan yang perlu dikembangkan, baik bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, wisata dan lain sebagainya.

Bupati bertekad akan memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengusaha yang bermitra dan menanamkan modal di Pamekasan. (mas)

Sumber: Surabaya Post, Kamis, 21 Januari 2010

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home