Selesai Lebih Cepat dari Prediksi

Beberapa Bagian Suramadu Sisi Madura

Jembatan yang akan menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura (Suramadu) dipastikan segera selesai. Sebab beberapa bagian bisa digarap lebih cepat dari prediksi. Pembangunan main bridge atau bentang tengah dan approach (bentang pendekat) yang digarap Chinese Contractor Consortiums (CCC) sudah mendekati cause way (bentang samping) jembatan sisi Madura yang sebentar lagi akan segera selesai.

Resident engineer Suramadu sisi Madura dari PT Virama Karya Eddy Trihandoko mengatakan, cause way jembatan sisi Madura sedang dalam tahap finishing. Bahkan, akan selesai jauh dari prediksi sebelumnya, akhir Desember. "Pertengahan Desember, diprediksi sudah tuntas," janjinya.

Eddy menjelaskan, 45 bentang jembatan sisi Madura atau sekitar 1.800 meter dengan luas 30 meter itu, untuk penghamparan aspal cause way yang ditambah orbit 50 meter, sudah selesai jauh dari prediksi semula. Yakni selesai pertengahan November. "Kemarin (6/11) pengaspalan sudah selesai 100 persen," katanya.

Pemasangan penerangan jalan umum (PJU) cause way dengan orbit yang berjumlah 92, masing-masing lampu berjarak 40 meter, diperkirakan hari ini sudah terpasang semua. Sementara pemasangan pagar di atas barrier (pembatas) lajur roda empat dengan roda dua dan tepi laut juga hampir selesai. Saat ini hanya tinggal menyelesaikan pagar mendekati sisi main bridge. Itu diprediksi selesai awal Desember nanti.

Tidak ketinggalan, untuk pipa PDAM, Telkom dan PLN, juga dipersiapkan utilitas yang luasnya 60 centimeter. Garapan yang satu ini diprediksi selesai awal Desember.

Untuk tahap selanjutnya, kontraktor jembatan sisi Madura Adhi-Waskita jo (join) hanya akan memersiapkan pemberian rambu lalulintas yang diperkirakan akan selesai pada kontrak baru, yaitu 2009.

Pantauan wartawan koran ini yang berkesempatan menginjakkan kaki di Jembatan Suramadu sisi Madura kemarin (7/11), tampak para pekerja asing sedang mengerjakan pembangunan main bridge dengan bentang 400 meter. Seperti informasi yang dikumpulkan wartawan Koran ini, untuk mengejar deadline demi terselesaikannya proyeknya, mereka bekerja 24 jam penuh. (c12/ed)

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 08 November 2008

0 Comments:

Post a Comment

<< Home