Pemilihan Sekolah ’Adiwiyata'

Pamekasan, Surabaya Post - Guna meningkatkan kepedulian pada budaya dan cinta lingkungan, pemerintah kini melakukan seleksi ”Sekolah Adiwiyata” yaitu sekolah yang memiliki kepedulian dan berbudaya lingkugan yang baik.

Di Pamekasan program itu disosialisasikan Minggu (11/2), di ruang pertemuan SMAN 3. Dihadiri pejabat terkait dari Dinas P dan K, Dinas KLH, dan Dinas Kesehatan.

Kasi Kebudayaan Dinas P dan K yang juga pimpinan kegiatan seleksi ”Sekolah Adiwiyata”, Drs Khalifaturrahman MPd mengatakan, program itu tahun ini merupakan tahun kedua, karena sudah dilakukan sejak 2006 dan diikuti sekolah mulai tingkat SD sampai SMA/SMK.

”Program itu sebagai upaya melengkapi penghargaan pada pihak yang peduli lingkungan. Sebelumnya ada Adipura, ada Kalpataru, sekarang untuk kalangan sekolah ada penghargaan dengan nama Sekolah Adiwiyata. Penghargaan itu berasal dan diberikan langsung oleh Presiden,” jelasnya, Senin (12/2).

Pejabat yang akrab dipanggil Mamang ini mengatakan, pada tahun 2007 Pamekasan mendapat jatah yang akan diikutkan pada lomba tingkat propinsi untuk SD satu sekoah, SMP tiga sekolah, dan SMA serta SMK masing- masing satu sekolah.

Sementara seleksi tingkat kabupaten, untuk SD tim akan memilih tiga sekolah, SMP tiga sekolah, SMA dan SMK juga satu sekolah. ”Semua nanti diseleksi di tingkat Jatim oleh tim penilai khusus, meliputi petugas dari Dinas P dan K, Dinas KLH, dan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Mereka telah turun ke Cabang Dinas untuk pemilihan tingkat SD. Kemudian tingkat SMP, SMA dan SMK. Selanjutnya pihak terkait akan merumuskan bersama MKKS menentukan sekolah yang memenuhi kriteria untuk itu. (mas)

Sumber: Surabaya Post, Senin 12/02/2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home