Pamekasan Kembali Raih Adipura

Bupati Syafii pegang Tropy bersama Didik Haryadi

Pamekasan kembali meraih Tropy Adipura tahun 2013. Penghargaan bergengsi bidang kebersihan lingkungan ini diterima oleh Bupati Pamekasan Drs. Achmad Syafii MSi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Senin (10/6). Bupati Syafii didampingi oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pamekasan Drs Didik Haryadi MSi.

Bagi Pamekasan Tropy Adipura tahun 2013 ini merupakan yang ketiga kalinya. Penghargaan pertama diraih 1996 saat Pamekasan dipimpin Bupati Drs Soebagio. Kedua diraih dalam rentang waktu yang sangat panjang yakni tahun 2011 lalu, saat Pamekasan dipimpin Drs KH Khalilurrahman MSi.

“Alhamdulillah prestasi ini kembali diraih Pamekasan. Ini menunjukkan bahwa upaya dan kerja keras masyarakat Pamekasan dan semua elemen yang terlibat didalamnya membuahkan hasil. Mari kita pertahankan prestasi ini, bukan hanya dalam penghargaan formalitasnya saja, namun dalam aspek riil bidang kebersihan dan lingkungan yang sehat,” kata Bupati Syafii.

Kepala BLH Didik Hariadi mengatakan, penghargaan Adipura yang diterima oleh Pamekasan membutuhkan proses lama. Maklum, serangkaian penilaian telah dilakukan oleh tim dari provinsi dan pusat terhadap sejumlah kegiatan di Pemkab mulai sejak 2012 lalu. “Tim dua kali melakukan pemantauan. Pertama dilakukan pada November hingga Desember 2012 dan kembali pada Februari 2013. Pantauan kedua Maret tiga bulan yang lalu,” katanya.

Tim Adipura, kata Didik, melakukan penilaian terhadap seluruh kegiatan kebersihan dan peduli lingkungan perkotaan yang dilakukan oleh Pemkab. Semuanya dipantau untuk melihat ada tidaknya keterkaitan dengan program kreatifitas dalam kebersihan dan lingkungan.

“Sejak awal kita memiliki beberapa kegiatan andalan seperti kegiatan kerja bakti, lomba kebersihan antargang, antarkampung, Jumat besabda ( bersih sehat dan bersepeda , Rabu berseri ( bersih, sehat, rapi, indah, asri ) serta kegiatan lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Didik, berbagai macam kegiatan yang terkait dengan bidang kebersihan dan lingkungan yang dilakukan Pemkab mendapat perhatian serius Pemkab agar menjadi pendukung meraih penghargaan Adipura.

Bahkan sejumlah program yang bermuara pada nilai humanis, seperti memberikan kemudahan pada masyaratakat juga menjadi sasaran penilaian, misalnya dengan perbaikan trotoar untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki, pasar yang semakin membaik, rumah sakit ditata dengan baik. mas

Sumber: Surabaya Post, Rabu, 12/06/2013

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home