Kirab Adipura, Konvoi hingga 2 Km

Adipura mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Sampang. Saat kirab piala anugerah untuk kota bersih untuk kategori kota kecil dengan jumlah penduduk di bawah 100 ribu jiwa itu kemarin (9/10), iring-iringan konvoi kendaraan hingga mencapai 2 kilometer.

Kirab Piala Adipura dimeriahkan dengan drumband dan musik Ul-Daul. Sebagai ungkapan rasa syukur, Bupati Sampang Noer Tjahja sujud syukur setelah penyerahan Piala Adipura oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Hermanto Subaidi.

Kirab Piala Adipura dimulai dari Kec Jrengik, kecamatan paling barat. Bupati dan anggota muspikab naik mobil Jeep terbuka dengan membawa Piala Adipura. Di belakangnya iring-iringan sepeda motor, mobil, dan kelompok sepeda ontel.

Sepanjang rute konvoi, warga memadati kanan-kiri jalan. Mereka melambaikan tangan kepada bupati yang membawa Piala Adipura. Bupati yang berdiri di atas mobil bersama Kepala Kejari Deddy S. Surachman, Ketua PN Lindi Kusumaningtias, Dandim 0828 Letkol (Arm) Sanuri Hadi membalas dengan melambaikan tangan kepada warga.

Sesampai di Jalan Wachid Hasyim, rombongan berbelok ke arah utara dan berputar melalui Jalan Pahlawan. Kemudian menuju ke makam Rato Ebuh di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan. Warga di menyambut rombongan dengan musik Ul-Daul. Di makam Rator Ebuh bupati dan rombongan tabur bunga.

Selanjutnya rombongan ke pendapa bupati untuk prosesi penyerahan piala. Setelah anggota satpol PP menyerahkan piala kepada Sekkab Hermanto Subaidi, Hermanto menyerahkannya kepada bupati. Usai menerima piala dan meletakkan di meja, bupati langsung menjatuhkan badannya dan sujud syukur.

"Saya adalah salah satu orang yang sangat bersyukur dan bergembira atas diperolehnya Piala Adipura," kata Noer Tjahja.

Dia mengatakan, penghargaan Adipura yang diberikan langsung oleh Presiden SBY ditujukan untuk seluruh masyarakat Sampang. Sementara perayaannya hanya sebagai bentuk pengejewantahan dari rasa syukur dan motivasi agar seluruh masyarakat semakin peduli terhadap kebersihan.

"Dengan diperolehnya Piala Adipura ini, Sampang bisa menunjukkan sebagai kabupaten yang setara dengan wilayah lainnya yang ada di Jawa Timur," harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf secara langsung menyampaikan kebanggaannya dan mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sampang. "Saya seneng dengan kabupaten ini. Sampang benar-benar berbenah. Dan, tahun ini mendapatkan Adipura. Saya ucapkan selamat," katanya saat ditemui koran ini Senin (7/6). (fei/mat)

Sumber: Jawa Pos, Kamis, 10 Juni 2010

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home