Semburan Lumpur Bikin Warga Panik

Foto liputan6.com/Salli Nawali


Warga Desa Bapelle, Kecamatan Robatal, Sampang, Madura berlarian ke lokasi uji seismik yang dilakukan SPE Petroleum, Rabu (28/10). Pasalnya, di lubang yang digali untuk pemasangan pipa ke dalam tanah tiba- tiba keluar lumpur pekat seperti semburan Lapindo di Sidoarjo.

Air bercampur lumpur itu semakin besar sehingga membuat warga memasang paralon agar tidak mengalir. Namun, air dan lumpur justru semakin membesar. Terlebih, ada bau gas di sekitar semburan lumpur tersebut. Warga pun panik saat mendapati semburan terbakar begitu didekatkan dengan api. Karena api makin membesar, warga mematikannya dengan karung yang dibasahi air.

Salah satu tokoh masyarakat setempat Kurdi Said mengaku bingung harus bertindak apa dan kepada siapa meminta pertanggungjawaban atas kejadian ini. Pasalnya, semburan lumpur yang terus mengalir itu kini mulai menggenangi sawah milik warga yang lokasinya berada di dataran yang lebih rendah. Hingga saat ini, anak perusahaan SPE Petrochina itu belum melakukan tindakan apapun.(ASW/AND)

Sumber: liputan6.com, 28/10/2009

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home