Bupati Bantu Pemilik ’Rumah Gas’

Bupati Kholilurrahman dan Wabup Kadarisman saat menyampaikan bantuan pada Busiri

Semburan yang ditemukan warga saat menggali sumur di halaman rumah Busiri warga Dusun Batu Lengkong Desa Gugul Kecamatan Tlanakan, membawa berkah. Bukan hanya bagi warga sekitar dengan menemukan jasa parkir dan berjualan. Akan tetapi juga membawa berkah kepada Busiri, pemilik rumah yang halamannya terdapat semburan gas tersebut.

Bupati Pamekasan Kholilurrahman bersama Wabup Kadarisman Sastrodiwirjo, Kamis (23/2) lalu meninjau lokasi semburan tersebut. Selain meninjau lokasi Bupati Kholilurrahman juga menyempatkan memberikan bantuan uang tunai dari Pemkab Pamekasan kepada Busiri dan keponakannya, yang telah ngungsi dari rumahnya sejak semburan gas muncul.

Dalam kesempatan meninjau tersebut, Bupati Kholilurrahman juga sempat berbincang-bincang dengan Ugan Sain, peneliti bidang pengamatan dan penyelidikan gunung api Badan Geologi Kementerian Energy dan Sumber Daya Mineral bersama rekannya sedang yang melakukan penelitian terhadap jenis gas yang keluar.

Kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di lokasi, bupati Kholilurrahman mengatakan bahwa semburan gas itu tidak berbahaya. “Jadi masyarakat sekitar tidak perlu resah,” pesan bupati usai memberikan bantuan kepada Busiri. Bupati juga meminta agar Busiri tidak galau. Dan berharap bantuan itu bisa meringankan beban hidupnya selama rumahnya tidak ditempati.

Terkait semburan gas tersebut, bupati berjanji, kalau memungkinkan dilakukan eksplorasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan pemerintah Pusat. “Tidak mungkin ditangani sendiri oleh pemerintah Pamekasan. Sekali lagi, kalau itu akan dieksplorasi,” tandas bupati.

Selain bupati dan wabup, ikut dalam rombongan bupati kemarin di antaranya Kepala Dinas PU Pamekasan Totok Hartono, Kabag Humas dan Protokol Fajar Santoso, serta beberapa pejabat Pemkab termasuk Muspika Kecamatan Tlanakan yang menyambut kunjungan bupati di lokasi.

Sementara itu menurut keterangan Ugan Sain diketahui bahwa 100 persen lebih semburan gas yang keluar dari sumur itu adalah kandungan gasnya jenis minyak tanah. Dikatakan semburan itu tidak perlu membuat masyarakat panik karena lebih dari satu meter dari pusat semburan sudah tidak membahayakan. (mas)

Sumber: Surabaya Pos, Minggu, 26/02/2012

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home