Pelindo III Buka Jalur Probolinggo - Madura

Probolinggo, Surya - Sebagai rute alternatif warga Probolinggo ke Madura, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Probolinggo bekerja sama dengan pemerintah kota setempat berencana membuka jalur penyeberangan baru yang menghubungkan dua wilayah itu. Pengelolaan jalur baru ini akan melibatkan kerja sama antara Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo dan pihak swasta.


Menurut Manager PT Pelindo III Cabang Probolinggo, Kosasih, selama ini warga yang akan pergi ke Madura harus menempuh perjalanan darat menuju ke Tanjung Perak Surabaya, sebelum menyeberang dengan kapal feri ke Madura. Total waktu yang diperlukan sekitar tujuh jam.


Bahkan, hampir sepuluh bulan ini butuh waktu lebih lama lagi setelah jalur darat
yang menghubungkan Jawa Timur bagian Timur dengan Surabaya terhambat lumpur Lapindo. “Nantinya, melalui jalur baru ini masyarakat hanya perlu waktu 1,5 jam untuk sampai Madura,” ujar Kosasih, Kamis (8/3).


Untuk sementara waktu, baru satu unit kapal akan dioperasikan. Dan setiap hari akan menempuh rute Probolinggo - Pelabuhan Berantan, Sampang (PP) dan Probolinggo - Pelabuhan Kalianget, Sumenep (PP). Setiap penumpang kelas ekonomi dikenai biaya Rp 55.000 sedang penumpang eksekutif Rp 60.000. “Kapal cepat yang digunakan dibeli dari Malaysia dan masih baru. Sekarang sudah ada di Batam tapi belum tahu kapan sampai ke Probolinggo,” ujarnya.


Dengan operasional kapal berkapasitas 200 penumpang ini, PT Pelindo III Cabang Probolinggo hanya akan menerima pendapatan dari penjualan tiket masuk penumpang dan pengantar saja. Sementara hasil penjualan tiket kapal akan diterima pihak swasta. “Kami hanya kebagian mempersiapkan terminal penumpang. Itu pun tidak perlu renovasi besar sebab hanya mengubah salah satu bangunan gudang saja,” imbuh Markasan, Kepala Kantor Adpel Probolinggo. ida


Sumber: Surya, 09/03/2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home