Banjir Juga Menghampiri Sampang Madura

Genangan banjir melanda wilayah Kecamatan Kota, Sampang, Madura, Jawa Timur, akibat luapan sungai Kalikemuning.

Hampir semua ruas jalan dan gang di dalam kota Sampang, Selasa, kini tergenang banjir, bahkan di sekitar monumen Kota Sampang, ketinggian genangan air kini hampir mencapai 1 meter.

Jalan-jalan yang tergenang banjir di kota ini antara lain, Jalan Pahlawan, Imam Bonjol, Hasyim Asy`ari, Panglima Sudirman, Jalan Mawar, Melati, Kenanga, Suhada, Jalan Seruni, Jalan Bahagia, dan Jalan Teuku Umar.

Tidak hanya itu saja, banjir juga menggenangi sejumlah lembaga pendidikan di kota itu, seperti, SDN Rongtengah I, II dan gedung SMPN II dan SMK Negeri Sampang. Sementara, arus lalu lintas di dalam kota macet total dan petugas dari kepolisian Polres Sampang terpaksa mengarahkan kendaraan bermotor yang melintas di wilayah itu melalui jalur alternatif.

Untuk kendaraan yang berasal dari Kota Pamekasan menuju Surabaya diarah menuju Jalan Yamsul Arifin dan tembus di terminal bus Sampang.Demikian juga yang dari arah Surabaya menuju Pamekasan.

Sementara ketinggian air di empat desa yang sejak Senin (6/12) telah tergenang banjir akibat luapan sungai Kalikemuning tersebut, ketinggian air disana di sebagian wilayah mencapai 2 meter lebih.
Sebagian warga yang rumahnya terendam banjir kini mulai mengemasi barang-barangnya mengungsi ketempat yang lebih aman.

Belum ada data resmi dari pemerintah setempat jumlah rumah warga yang tergenang banjir akibat luapan sungai Kalikemuning ini, namun diperkirakan tidak kurang dari 200 rumah lebih, bahkan mencapai ribuan dengan. "Kalau dengan di pusat kota, saya kira bisa mencapai seribu lebih," kata Fuadi warga setempat.

Hingga Selasa sekitar pukul 11.00 WIB belum ada tanda-tanda genangan banjir akan surut bahkan cendrung semakin tinggi.

Sumber: Republika, Selasa, 07 Desember 2010

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home